Tuesday 27 October 2015

BIOGRAFI RATU VICTORIA





Alexandria Victoria adalah ratu Inggris Raya dan Irlandia sejak 20 Juni 1837 dan menjadi ratu India sejak 1 Mei 1876 pada masa kolonial Inggris di India. Masa pemerintahannya berlangsung 63 tahun 7 bulan, lebih lama dari semua kekuasaan raja wanita sepanjang sejarah.
 
Masa pemerintahannya dikenal sebagai era Victoria yang membawa kemajuan industri, budaya, politik, ilmu pengetahuan dan militer di Inggris. Di masanya terjadi ekspansi besar kerajaan Inggris dan negara ini mencapai masa keemasannya serta menjadi kekuatan global terpenting saat itu.


Victoria mempunyai darah Jerman yang kental. Dia adalah anak dari pangeran Edward (Duke of Kent and Strathearn) dan Putri Victoria dari Saxe-Coburg-Seafeld dan cucu dari Raja George III serta keponakan dari raja pendahulunya William IV. Setelah menjadi ratu, Victoria menjodohkan 9 anak dan 42 cucunya dengan para bangsawan di seluruh Eropa sebagai usaha untuk mempersatukan benua tersebut. Hal ini memberinya julukan “The Grandmother of Europe”.
 
Victoria dilahirkan di Kensington Palace Pada 1819. Saaat dia dilahirkan, kakeknya George II masih memegang takhta namun ketiga anak lelakinya yaitu pangeran Regent (kemudian menjadi raja George IV), Duke of York dan Duke of Clarence (kemudian menjadi William IV) tidak mempunyai anak sah yang masih hidup. Victoria diberi nama Alexandria dengan mengambil nama Alexandria dari Rusia dan Victoria nama Ibunya. Victoria meninggal di Osborne House di Isle Wight akibat pendarahan otak pada 22 januari 1901 di usia 81 tahun.





sumber gambar:
http://www.britroyals.com/kings.asp?id=victoria
http://www.biography.com/people/queen-victoria-9518355
 

No comments:

Post a Comment