Tuesday 27 October 2015

VICTOR EMMANUEL III




Victor Emmanuel III lahir pada 11 November 1869 di Naples, Italia. Dia adalah raja Italia terakhir. Ia naik takhta setelah ayahnya mati terbunuh pada tahun 1900.

Beberapa gebrakan yang dilakukannya adalah menyetujui pembentukan kabinet liberal dan menyetujui perang italia melawan Turki pada tahun 1911 dan terlibat dalam perang dunia I pada 1915.
 
Pada tahun 1943 Victor Emmanuel III mengejutkan dunia dengan menagkap Mussolinni karena mencoba merebut kekuasaan dengan cara fasis dan menandatangani dekrit darurat militer yang diusulkan oleh kabinet lalu mengangkat marsekal Pietro Badoglio sebagai perdana menteri. Namun langkah ini gagal melepaskan Italia dari perang saudara sehingga membuat posisi raja semakin sulit.


Akhirnya pada juni 1944, ia mengangkat anaknya menjadi letnan jenderal kerajaan dan melepaskan semua kekuasaan untuk dirinya sendiri meski masih mempertahankan gelar rajanya.

Ia kemudian menarik diri dari publik dan berharap rakyat italia menerima anaknya sebagai raja baru, namun Putra mahkota Umberto ditolak dalam referendum dan menjadikan Italia sebagai negara republik.


Dengan demikian Victor Emmanuel III menjadi raja terakhir Italia setelah turun takhta pada Mei 1946. Ia meninggal dalam pengasingan di Alexandria, Mesir pada 28 Desember 1947.


SUMBER GAMBAR:  https://en.wikipedia.org/wiki/Victor_Emmanuel_III_of_Italy
http://www.findagrave.com/cgi-bin/fg.cgi?page=gr&GRid=8699053

No comments:

Post a Comment