Wednesday 21 October 2015

RATU NOOR DARI YORDANIA




Ratu Noor yang lahir pada 23 Agustus 1951 adalah istri terakhir dan janda dari Raja Husein dari Yordania. Dia adalah permaisuri Yordania antara tahun 1978 – 1999.

Sejak suaminya wafat pada 1999, dia menjadi janda permaisuri Yordania. Ratu Noor mempunyai darah Syiria, Inggris dan Swedia. Dia lahir di Amerika Serikat. Dia menjadi warga negara Yordania dan melepaskan kewarganegaraan amerikanya saat menikah. Ratu Noor lahir dengan nama Lisa Najeeb Halaby di Washington D.C.


Lisa menikah dengan Raja Hussein pada 15 Juni 1978 di Amman dan menjadi istri keempat dan menjadi ratu Yordania dan masuk Islam. Dia mendapatkan nama Noor Al Hussein yang berarti cahaya hussein.

Konstitusi Yordania sebenarnya tidak mengharuskannya pindah agama, tetapi jika tidak melakukannya, keturunanya tidak memiliki hak menjadi raja. Pernikahannya dilangsungkan  dengan upacara Islam.

Pada awalnya Ratu tidak  diterima oleh rakyat Yordania karena dia bukan keturunan muslim Arab. Namun pendapat itu berubah  setelah ratu Noor mulai memperlihatkan perhatian  dan komitmennya yang tulus pada kerajaan.


Ratu Noor aktif mempromosikan kegiatan yang bertujuan meningkatkan kegiatan yang bertujuan meningkatkan pemahaman terhadap budaya dan politik Arab dan Muslim di dunia Internasional agar memiliki manfaat nantinya.


Untuk memperkuat hubungan Arab – Barat, dan untuk mencegah konflik  dan mengatasi masalah seperti pengungsi, orang hilang, kemiskinan dan pelucutan senjata selama satu dekade terakhir dalam pemulihan konflik dan penciptaan perdamaian difokuskan  di Timur tengah, Balkan, Asia tengah, dan Asia Tenggara, Amerika Latin dan Afrika.

Ratu Noor telah dianugerahi berbagai penghargaan dan gelar doktor honoris causa oleh banyak pihak dari seluruh dunia. Dia menerima United Nation Environtment Program Global 500, award untuk aktifitasnya menyelamatkan lingkungan hidup, mendapatkan 2009 Global Environtment Citizen Award olrh Hardvard University’s Centre for Health and Global Environtment. Pada Juni 2009, organisasi dokter di Los Angeles memberinya Healing Planet Award.

No comments:

Post a Comment