Saturday 27 December 2014

JOKO WIDODO


Bernama lengkap Haji Ir. Joko Widodo lahir di Surakarta provinsi Jawa tengah pada 21 Juni 1961. Pria sederhana berzodiak Gemini ini memiliki hobi membaca dan jalan-jalan atau traveling. Dibesarkan di tengah-tengah keluarga yang sederhana, Presiden Republik Indonesia ke- 7 yang baru saja dilantik pada 20 Oktober 2014 silam ini menempuh pendidikan dasar hingga menengah atas di kota kelahirannya yakni Surakarta. Selepas dari SMA, Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi ini melanjutkan studi di Universitas Gajah Mada jurusan Kehutanan. Aktifitas perkuliahannya yang lekat dengan struktur kayu dan pemanfaatannya ini yang membawanya menjadi pengusaha mebel yang sukses.
Karir politik Joko Widodo dimulai sejak ia bergabung menjadi salah satu kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Pada tahun 2005, ia terpilih menjadi walikota Solo melalui Pilkada langsung. Kesederhanaannya dalam memimpin, juga prestasi-prestasi yang diraih oleh kota Solo maupun diri Joko Widodo secara pribadi membawa beberapa perubahan yang dirasakan oleh masyarakat Solo sehingga ia terpilih kembali pada pemilihan berikutnya dengan perolehan suara lebih dari 90 persen.

Pada tahun 2012, memasuki tahun kedua memerintah sebagai walikota Solo yang kedua kalinya, ia mendapat mandat dari Partai yang menaunginya untuk maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta menggantikan Fauzi Bowo. Pada saat itu PDI Perjuangan berkoalisi dengan Partai Gerindra yang menhgajukan Basuki Tjahja Purnama sebagai calon wakil gubernur mendampingi Joko Widodo. Koalisi kedua partaipun berjalan sempurna, Joko Widodo berhasil maju sebagai gubernur Jakarta menggantikan Fauzi Bowo. Namun sama seperti sebelumnya, Pada tahun kedua pemerintahannya sebagai orang nomor satu di Jakarta, ia mendapat mandat partai untuk maju sebagai calon Presiden Republik Indonesia berpasangan dengan Jususf Kalla sebagai calon wakil presiden. Mereka berhasil merebut 54 persen suara dalam Pemilihan Umum yang di gelar tanggal 15 April 2014. Ketika itu Joko Widodo bersaing dengan ketua umum partai koalisinya di bursa gubernur Jakarta yaitu Prabowo Subianto.
Anak pertama dari lima bersaudara ini menikah dengan dengan Hj. Iriana dan dikaruniai tiga orang anak, yaitu Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep. Lika-liku perjuangan Joko Widodo dalam menggapai segala yang diimpikannya serta keluar dari kemiskinan yang melanda membuat kisah hidupnya menginspirasi banyak orang. Bahkan lebih dari satu sineas yang mengangkat biografi dan sosok Jokowi ke dalam layar lebar. "Jika ingin berhasil. jangan banyak mengeluh. Lebih baik kerja, kerja dan bekerja" Begitulah satu kalimat yang sering didengungkan Presiden Indonesia ke-7 tersebut untuk memantik semangant juang bangsa Indonesia.
GoBlog Theme v.2.0 300x250

No comments:

Post a Comment