Thursday 22 October 2015

BIOGRAFI KUBILAI KHAN



 
Kubilai khan adalah salah satu Kaisar Mongol terbesar setelah Genghis Khan, ia adalah pendiri dinasti Yuan di China sekaligus menjadi kaisar pertama China dari dinasti Yuan. Kubilai Khan lahir pada tahun 1215 di Mongolia. Ia adalah cucu favorit Gengis Khan.

Kubilai Khan sering menemani ayahnya, Tule, dalam pertempuran. Pada usia 12 tahun dia sudah menjadi penunggang kuda yang terampil. Pada usia 17 tahun ayahnya meninggal. Tahun 1251 kubilai mulai menguasai wilayah China bagian timursetelah saudaranya Mongke, menjadi Khan yang agung di Mongol.

Kubilai Khan mengorganisir sekelompok penasehat China untuk memperkenalkan reformasi di wilayah itu. Kubilai juga mengepalai ekspedisi guna mempersatukan wilayah China dibawah kekuasaan raja Mongol. Sistem hukum terpisah tetap diberlakukan untuk wilayah China dan Mongol.

Setelah reorganisasi ini, sebuah ibu kota baru dibangun di Peking ( kini Beijing), pada tahun 1267. Kubilai Khan mendirikan dinasti Yuan pada tahun 1271 dan pada tahun 1228, dia menghancurkan dinasti Sung dan memimpin kerajaan yang membentang di dua benua.

Kubilai Khan mendukung perdagangan, ilmu pengetahuan dan seni.dia memperkenalkan penggunaan uang kertas untuk seluruh kekaisaran dan memerintahkan penciptaan alfabet baru untuk bahasa Mongol yang mirip tulisan China. Ia juga mendirikan sistem transportaasi laut dan mengembangkan rute sungai pedalaman dan kanal-kanal. Sistem grand canal akhirnya diperpanjang ke utara Peking dari sungai kuning. 

Setelah pemerintahan yang cemerlang selama 34 tahun, Kubilai Khan meninggal pada Februari 1294 di Ta-tu (Peking), China. Dia dianggap sebagai salah satu penguasa besar dalam sejarah yang memimpin sebuah negara yang cerdas dan bijaksana.



sumber gambar:
https://en.wikipedia.org/wiki/Kublai_Khan

No comments:

Post a Comment