Wednesday 21 October 2015

BIOGRAFI MOHAMMAD REZA PAHLAVI





Mohammad Reza Shah Pahlavi adalah raja Iran atau Shah Iran yang lahir di Teheran pada 26 oktober 1919. Pada 1939, dia menikah dengan adik Raja Mesir Faroq I. Pasangan ini bercerai pada 1949. Mohammad Reza menikah kembali dengan Soraya Esfandiari pada 1950 dan dengan Farah Diba pada 1959. Pahlavi naik tahta menggantikan ayahnya Shah Reza pada 16 september 1941, tak lama sebelum ulang tahunnya yang ke 22.

Selama perang dunia II, Inggris dan Uni Soviet tidak menyukai hubungan persahabatan Iran dengan Jerman. Pada 1941 kedua negara itu menyerbu dan menduduki sebagian besar wilayah Iran. Sehingga pemerintahan Pahlevi dimulai dengan latar belakang kekacauan politik, sosial dan kekurangan pangan.

Pada pertengahan 1970an, Shah memerintah di tengah ketidakpuasan yang meluas disebabkan oleh sikap represif rezimnya. Perubahan sosial ekonomi yang menguntungkan beberapa kelas dan peningkatan kesenjangan antara elit penguasa dan rakyat biasa.


Pemimpin spritual Iran, Ayatullah Khomeini di pengasingan mampu memokuskan ketidakpuasan ini dengan ideologi populis terkait dengan prinsip-prinsip Islam untuk menggulingkan Pahlevi. Pemerintah Shah Pahlavi pun runtuh.

Pahlavi meninggalkan Iran pada tahun 1979 untuk memulai pengasingan. Dia sempat tinggal di Mesir, Maroko, Bahama dan Meksiko sebelum pergi ke Amerika Serikat untuk pengobatan kanker stadium lanjut yang ia derita. Pahlavi meninggal di Kairo, Mesir pada 27 juli 1980.




Sumber gambar:

 

No comments:

Post a Comment