Tuesday 27 October 2015

BIOGRAFI MARIA THERESA





Maria Theresa adalah satu-satunya pemimpin kerajaan wanita dari dinasti Habsburg dari Austria. Dia memerintah Austria, Hungaria, Kroasia, Bohemia, Milam, Belanda Austria, dan Parma selama 40 tahun sampai kematiannya. Maria yang lahir di Wina pada 13 mei 1717 adalah putri sulung dari Kaisar Charles VI. Ketika adik satu-satunya meninggal, Maria Theresa menjadi pewaris takhta.

Berdasarkan hukum tradisional sebenarnya tidak diperbolehkan untuk menjadi penerus ayahnya. Namun dia berhasil naik takhta pada 1740 dengan adanya aturan pada sanksi Pragmatis Charles VI tahun 1713 yang memungkinkan anak perempuan untuk memerintah menggantikannya jika tidak menghasilkan pewaris laki-laki.

Namun demikian, setelah kematian Charles VI, Prusia, Saxony dan Bavaria melanggar perjanjian dan menyerang Silesia, sehingga memicu terjadinya perang suksesi Austria selama sembilan  tahun. Maria Theresa tetap berkuasa namun mesti meyerahkan wilayah Silesia.

Maria menikah dengan Francis Stephen dari Lorraine dan kemudian melahirkan 16 anak. 3 diantaranya meninggal ketika masih kecil. Putri bungsunya adalah maria Antonia yang kelak menjadi Maria Antoinette istri raja Prancis Louis XVI.
 
Francis Stephen meninggal pada 1765, dan sejak saat itu Maria Theresa mengenakan pakaian berkabung, kamarnya dicat hitam dan dia benar-benar menarik diri dari kehidupan publik. Akibatnya ia memiliki masalah pada kesehatan fisik dan mentalnya. Pada tahun 1780 ia meninggal dunia akibat wabah cacar.




Sumber Gambar:
http://www.biography.com/people/maria-theresa-9398965
http://www.1st-art-gallery.com/Joseph-Ducreux/Maria-Theresa-Empress-Of-Austria-In-Mourning.html
 

No comments:

Post a Comment