Thursday 22 October 2015

RAJA BHUMIBOL ADULYADEJ



 
Bhumibol Adulyadej adalah Raja Thailand yang lahir di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat pada 1927. Dia adalah anak ketiga dan termuda dari pangeran Mahidol dan cucu langsung dari mendiang Raja Chulangongkorn atau Rama V yang terkenal berkat reformasi besar yang dibuatnya untuk semua lembaga Thailand agar lebih modern sesuai dunia yang berorientasi Barat.

Pangeran Mahidol sendiri mungkin yang berpikiran modern diantara semua putra Raja Chulangongkorn dan hidupnya didedikasikan untuk pengembangan ide-ide modern khususnya di bidang Ilmu Kedokteran sehingga dia sekarang dikenal sebagai profesi Medis Modern Thailand.

Pangeran Mahidol meninggal ketika Bhumibol belum genap berusia dua tahun. Setelah periode singkat di sekolah dasar di Bnagkok, Bhumibol dan seluruh keluarganya pergi ke Swiss tempatnya melanjutkan pendidikan menengah di Ecole Nouvelle de la Suisse Romande, lalu di Chailly sur Lausanne dan menerima diploma sarjana dari Classique Gymnase Cantonal di Lausanne.

Bhumibol kemudian memilih untuk masuk Universitas Lausanne untuk belajar sains, tetapi kematian kakaknya, Raja Ananda Mahidol, di Bangkok pada 9 juni 1946, mengubah jalan hidupnya.

Bhumibol memutuskan untuk kembali ke Swiss namun kali ini untuk belajar Ilmu Politik dan Hukum untuk melengkapi dirinya dengan pengetahuan yang tepat bagi pemerintah. Pada tahun 1950, Bhumibol kembali ke Thailand untuk upacara penobatan pada 5 Mei 1950.

Bhumibol bertemu dan kemudian bertunangan dengan Rajawongse Sirikit pada 19 Juili 1949. Mereka menikah pada 28 April 1950 dan memiliki empat anak.


Sumber gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:King_Bhumibol_Adulyadej_portrait_photograph.jpg
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:King_Bhumibol_Adulyadej_portrait_photograph.jpg

No comments:

Post a Comment